a

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget.

242 Wythe Ave #4, Brooklyn, NY 11249
1-090-1197-9528
office@ourbusiness.com

Buka Talks: Antonius Taufan Filosofi Kecoa dalam Membangun Startup

Kecoa, apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kecoa? Semua pasti sepakat kalau kecoa adalah binatang yang menjijikan. Meski, menjijikan ternyata kecoa merupakan makhuk hidup yang paling tahan banting. Tentu saja, Anda pernah mendapati kecoa yang Anda matikan, ternyata masih hidup bahkan terbang menghampiri Anda. Sangat tahan banting bukan.

Berbeda dengan Antonius Taufan, CEO TADA, ia justru melihat ketahanan kecoa sebagai suatu hal yang menarik. Mengapa demikian? Sama dengan membangun sebuah bisnis, semua tidak mungkin berjalan mulus sesuai dengan harapan, sering kali jatuh, tapi Anda pun dituntut bangkit. Begitupun juga kecoa, meski kepalanya terpotong, ia masih sanggup hidup dalam waktu seminggu. Sebagai fungsi yang vital, rasanya kita tidak mungkin hidup tanpa kepala, tapi itulah kecoa.

Berawal dengan mendirikan Fokado, Taufan, begitu sapaan akrabnya, ia ingin memberikan hadiah bukan berupa barang tapi pengalaman seperti berkuda di alam bebas, diving, dan lainnya. Mengalami kendala karena membutuhkan dana yang besar, Taufan mencoba menjalin kerjasama dengan perbankan. Ide tersebut disambut baik oleh pihak. Belum berjalan lama, tantangan kembali muncul, dinilai terlalu beresiko bagi keselamatan nasabah, pihak bank enggan mengambil resiko lebih lanjut.

Lalu, Taufan mempelajari lebih lanjut, jenis hadiah seperti apa yang diberikan bank kepada nasabah. Dengan memberikan hadiah berupa shopping voucher, gift card, mimpi baru Taufan akhirnya dimulai dengan mendirikan Gift Card Indonesia, dan menutup Fokado. Berharap bisa sesukses di Amerika dengan kartu gift card prabayar yang bisa dibeli pusat perbelanja, nyatanya hal itu sulit dijalankan di Indonesia. Ternyata memberikan hadiah berupa gift card, bukan budaya orang Indonesia. Mereka lebih senang memberikan hadiah dengan kemasan menarik, ketimbang gift card. Akhirnya, Gift Card Indonesia difokuskan untuk hadiah ke nasabah bank.

Tak berhenti disitu, setelah 5 tahun berdirinya GCI, muncul pertanyaan bagaimana jika gift card tidak berjalan, karena tidak semua brand cocok digunakan untuk gift card. Mendapat ide dari salah satu rekan bisnisnya, Adrian Agus, pendiri Puyo, memaksimalkan gift card untuk pelanggan brand itu sendiri, atau disebut loyalty program. Tertarik dengan ide itu, akhirnya Taufan melakukan riset bagaimana sebuah loyalty program dapat berjalan.

Saat menjadi pembicara di Buka Talks, Taufan memberikan gambaran dan riset yang sangat menarik. Cerita Robert sebagai penikmat kopi disebuah kedai kopi ternama menarik untuk disimak. Bukan poin, bukan reward, tetapi Robert kembali karena kopinya enak. Lalu, bagaimana dengan loyalty programnya? Itu hanyalah added value dari kedai kopi tersebut. Baginya loyalty program is death.

Tak cukup disitu, ia menampilkan fakta lain, hampir sebagian besar brand mengalokasikan budget promosinya untuk beriklan. TV meraih peringkat paling tinggi, dengan kontribusi budget No. 1. Disisi lain, ia menunjukan, prosentase perilaku konsumen yang pertama bukan dipengaruhi oleh iklan melainkan oleh rekomendasi teman, atau disebut word of mouth. TV menduduki peringkat 5 dari 15 sumber yang akan mempengaruhi perilaku konsumen.

Secara intuitif, konsumen akan memberikan rekomendasi kepada orang lain, ketika memiliki pengalaman terhadap suatu brand, baik ataupun buruk. Ketimbang, melalukan investasi besar-besaran dengan beriklan, tetapi hasilnnya masih kurang maksimal, lebih baik menjadikan konsumen kita sebagai advocate. Di TADA, bukan hanya mengembangkan loyalty program tetapi, memaksimalkan advocacy marketing. Karena dengan cara ini, brand akan mendapatkan konsumen baru dari rekomendasi konsumen lama.

Di akhir acara, Taufan memberikan quote, bagaimana bertahan membangun bisnis, seperti seekor kecoa.

“ Tidak peduli apapun yang terjadi kita akan survive” – Antonius Taufan, CEO TADA.

————

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana TADA sebuah platform loyalty, membership dan referral marketing bisa membantu bisnis anda bertumbuh.

Request demo sekarang, team kami akan segera menghubungi anda.